Langsung ke konten utama

Cara Mudah Servis Tv Tabung Dengan Kode Bangku

 Assalamualaikum wr.wb selamat pagi salam sejahtera untuk semuanya,
Ketemu lagi dengan saya di artikel yang sederhana ini dan semoga bermanfaat bagi rekan teknisi terutama untuk pemula,kali ini saya ingin berbagi ilmu cara mudah servis tv tabung untuk pemula dengan kode bangku pada mesin tv.walaupun tv tabung sudah tidak terkenal lagi tapi saya yakin peminatnya masih banyak untuk kalangan bawah seperti saya.ya semenjak keluarnya tv LCD/LED dan plasma tv tabung sudah ketinggalan jauh dan jual barunya sudah tidak ada lagi untuk merek2 tv yang terkenal seperti marek sharp,Lg,Toshiba dan Panasonic.pabrik tv tabung sudah tidak produksi lagi dan spartpartnya pun sudah susah untuk di Cari seperti playback dan Ic program.untuk tv cina tv baru saya rasa masih banyak jual di toko,tetapi ketahanan dari tv nya yang kurang kuat.wajarlah kalau masalah ketahanan untuk tv cina sesuai dengan harga,Karena sangat murah dan masih terjangkau buat kalangan bawah seperti saya.baik lah kita langsung ke permasalahannya hehe.gambar di bawah ini adalah mesin tv Lg:

Untuk rekan tuser pemula coba perhatikan setiap mesin tv,di situ tertulis dengan kode2 tertentu yang berbeda2,sebenarnya itu adalah kode bangku untuk komponen yang ada di mesin tv atau mungkin jumlah komponen di dalam mesin tv tetapi ada juga yang kosong walaupun tertulis dengan kode.misalkan kita ambil contoh untuk bagian vertikal di mesin tv Lg yang ada di gambar tertulis IC301,jika elco2 bertuliskan pada bangku c302,atau c304 atau resistornya R306 bertuliskan R307 itu masih termasuk pada blok vertikal walaupun elco atau resistornya jauh dari IC vertikal tetapi masih masuk dalam blok vertikal.jika rekan tuser pemula menerima servis tv,dan tvnya masih hidup lihat gejala kerusakan yang ada di gambar tv,perhatikan dan amati apakah gambar mengecil atau garis lurus vertikal,jika gambar mengecil berarti itu masalah pada blok vertikal.untuk mempermudahnya kita harus mengetahui kode bangku atau lihat Dari IC di mana letak vertikal atau Dari yoke.yang jelas kode bangku tv itu untuk mepermudah kita mencari kompenen blok vertikal dan tidak asal asalan mencabut komponen.saya rasa di sini sudah mulai paham ya.saya kasih contoh lagi misalkan bagian suara,lihat gambar di bawah 

Gambar di atas untuk mesin tv Lg Ic suaranya bertuliskan IC601 berarti kompenen penguatnya seperti elco dioda resistor dan capasitor pasti bertuliskan pada kode bangku ada yang 603,604dan seterusnya itu adalah bagian blok suara,jika masih bertuliskan kode depannya 6 itu masih pada blok bagian suara,jika kerusakan pada suara misalkan suara krotok atau suara kecil berarti kerusakan ada pada komponen pendukung Ic suara seperti elco atau resistor dan bisa jadi transistor.untuk mempermudah mencari kerusakan ya kita harus mengetahui kode bangku pada blok suara dan tidak asal2an mencabut walaupun komponen elconya jauh Dari Ic suara tetapi masih bertuliskan dengan kode misalakan 609, itu termasuk pada blok bagian suara.saya rasa sudah paham ya teman2 tuser pemula,dan semoga mengerti apa yang saya jelaskan,terimakasih telah berkunjung atau membaca artikel saya ini,selamat Malam salaam sejahtera 
Assalamualaikum wr.wb

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Praktis Servis Kipas Angin Mati Rusak Fuse

 Assalamualaikum wr.wb Salam sejahtera bagi semuanya,kali ini saya akan membagikan trik cara cepat servis kipas angin mati dengan kerusakan fuse.tetapi ada juga kipas angin yang tidak menggunakan fuse,seperti kipas angin yang murah.kipas angin murah ada juga yang menggunakan fuse tergantung dari pabrikannya.disini saya membahas yang masih menggunakan fuse,seperti kipas angin cosmos,maspion dan Miyako.untuk kipas angin regency mungkin agak beda jalur fusenya.untuk pembahasannya saya menggunakan kipas angin cosmos,dengan cara atau trik saya ini sangat mudah sekali dan tidak perlu kita menggunakan avo meter(multitester).kita hanya membutuhkan keberanian sedikit untuk memperbaikinya.lalu gimana caranya,sebelum pembahasan kita juga harus mengetahui rusaknya kipas angin cosmo seperti apa,misalkan tidak hidup,tidak hidup tetapi masih kedengeran dengung atau masih terasa getaran pada belakang penutup dinamo.jika masih terasa atau masih terdengar dengung itu bukan kerusakan pada fuse bisa j

Cara Merubah Aki 12volt Jadi 18volt Ct Dan 220volt Ac

Assalamualaikum,selamat siang para sahabat semuanya,baik lah kali ini sya juga ingin berbagi ilmu cara merubah aki 12volt menjadi 18 volt CT.sebelum saya berbagi cara membuat rangkaian komponen elektronika ini,saya akan menjelaskan fungsi dari alat ini yaitu menaikkan tegangan DC AKI 12Volt menjadi 18volt dan bisa 24volt CT,bahkan bisa juga menghidupkan lampu LHE 18WATT ,bisa dikatakan menjadi 220volt AC 20watt.rangkaian elektronika ini mudah di dapat di pasaran dan juga mudah untuk di buat,dan juga biaya nya tidak begitu mahal.kalau saya pribadi kegunaan dari rangkaian ini hanya untuk menghidupkan speaker aktif merek GMC dan merek lainnya yang menggunakan tegangan trafo 18volt ct.tetapi jika sobat tidak mau ribet untuk membuatnya abaikan saja rangkaian ini karena dipasaran sekarang banyak yang menjual inverter dari DC ke AC.rangkaian ini sangat sederhana dan tidak begitu sulit untuk di buat oleh sobat,hanya bermodalkan trafo,transistor dan resistor.bagi para sobat yang terutama

Cara Servis Speaker Bluetoth Polytron PMA9502 Bunyi Dug2

 Assalamualikum,selamat siang semuanya Kali ini saya ingin berbagi ilmu masalah atau kerusakan speaker Bluetooth merek Polytron type pma9502 yang kerusakannya tidak bersuara atau hanya berbunyi dug-dug. Singkat cerita datang user bawa speaker bluetoth merek Polytron dan mengatakan bahwa speakernya tidak bunyi yang ada hanya bunyi dug2 dan seirama lampu depan panel ikut bergerak juga mengikuti suara dug2.lalu saya lihat speaker seperti masih baru dan masih bersih seperti Baru keluar dari dusnya,dan saya cek ternyata benar hanya bunyi dug2. Lalu saya tanya ini baru beli atau udah lama,tapi kok masih bersih,dia bilang baru pakai 1bulan tapi udah rusak,lah kalau ini saya bilang masih ada garansi,mending bawa ketempat service center polytron atau tanya garansi di toko sewaktu beli speaker harusnya ada garansi,kata user udah di tanya di toko katanya tidak Ada garansi,waduh parah juga ni toko tidak mau mengurus garansi speaker Bluetooth polytron.apa daya garansi tidak ada terpaksa ju