Langsung ke konten utama

Cara Servis Speaker Bluetoth Polytron PMA9502 Bunyi Dug2

 Assalamualikum,selamat siang semuanya
Kali ini saya ingin berbagi ilmu masalah atau kerusakan speaker Bluetooth merek Polytron type pma9502 yang kerusakannya tidak bersuara atau hanya berbunyi dug-dug.
Singkat cerita datang user bawa speaker bluetoth merek Polytron dan mengatakan bahwa speakernya tidak bunyi yang ada hanya bunyi dug2 dan seirama lampu depan panel ikut bergerak juga mengikuti suara dug2.lalu saya lihat speaker seperti masih baru dan masih bersih seperti Baru keluar dari dusnya,dan saya cek ternyata benar hanya bunyi dug2. Lalu saya tanya ini baru beli atau udah lama,tapi kok masih bersih,dia bilang baru pakai 1bulan tapi udah rusak,lah kalau ini saya bilang masih ada garansi,mending bawa ketempat service center polytron atau tanya garansi di toko sewaktu beli speaker harusnya ada garansi,kata user udah di tanya di toko katanya tidak Ada garansi,waduh parah juga ni toko tidak mau mengurus garansi speaker Bluetooth polytron.apa daya garansi tidak ada terpaksa jurus terakhir mengeluarkan obeng hehe.bentuk speakernya seperti gambar di bawah ini
Lalu saya buka speaker aktifnya dan saya lihat dan amati keadaan mesin tapi tidak Ada gejala yg rusak atau tidak ada komponen yang terbakar atau meledak.lalu saya ambil tester dan putar saklar avo ke 50volt dc dan siap untuk menancapkan kabel listrik untuk mengukur tegangan dari power suplay sampai ke out Ic suara,kalau di lihat Dari kerusakan seperti ini listriknya masuk sekering pasti tidak putus.masalah seperti ini pasti ada yang konslet yang membuat beban pada power suplay terasa berat,lalu saya ukur tes poin tegangannya yang menuju ke Ic suara.speaker aktif Polytron ini menggunakan 4 Ic suara,untuk Ic suara speaker vokal menggunakan nomor Tda 2030 Ada 2buah,sedangkan untuk Ic speaker bazzoka(basnya) tda 2050 ada 2buah juga,bentuk mesinnya seperti gambar di bawah ini
Karena yang berbunyi dug2 sangat kuat di speaker bass,langsung saya cek teganngan yang menuju Ic Tda2050 dan ternyata jarum multitester saya bergerak atau bergetar naik turun sangat kuat sekali,lalu saya ukur tegangan Ic Tda 2030 untuk speaker vokal tegangannya normal walau hanya turun naik sedikit,dan jarum tester pun tidak terlalu bergetar.langsung saja saya cabut kabek colokkan listrik dan siap untuk lepas Ic suara Tda 2050.sudah selesai mencabut aisi suara keduanya langsung saya tancapkan lagi colokkan listrik dan mengukur lagi teganngan yang menuju ke aisi suara  yang sudah kosong dan  ukur tegangan ternyata sudah tidak mendat mendut lagi jarum tester sudah normal,masalahnya ada pada aisi suara Tda 2050 untuk speaker bass.Langsung saja saya berangkat menuju ketoko untuk membeli aisi dan di toko di sodorkan sama amoy ada 2macam,katanya yang satu asli dan yg satu palsu,dan harga bervariasi 20ribu untuk yg ori 10ribu untuk yg palsu.tak perlu berfikir saya beli yang asli aja 2buah total 40ribu,langsung pulang dan siap untuk di pasang,bentuk icnya seperti ini
Lansung saja saya pasang dan siap untuk di tes tak lupa tancap kabel colokkan listrik dengan hati deg2 kan takut aisi konslet lagi,ternyata langsung top cer dan lampu panel depan udah normal tidak berkedip lagi,langsung saja saya pasang bluetooth hp untuk konek ke speaker dan coba putar volumenya udah normal semua bass udah mantap satu lagu lewat,wah udah normal ni tidak ada lagi kendala pas masuk lagu kedua masih normal pas masuk lagu ketiga suara berubah menjadi dengung yang sangat kuat dan menakutkan,cepat2 saya mencabut kabel colokkan waduh apalagi ni yang rusak.saya coba pegang heatsink untuk aisi suara tda 2050 ternyata sangat panas,langsung aja saya cabut lagi aisi suara dan periksa tegangannya normal semua dan tes lagi suara hanya pakai speaker vokal normal,untuk bass saya tidak pasang dulu.apalagi pikir saya yang memakan aisi suara Tda2050,aisi suara original tegangan normal semua haduuh sempat pusing juga ngerjain speaker ini duit udah habis 40ribu.
 Lalu saya berfikir sebentar apa mungkin aisinya nggak original Polytron,dengan bertanya sendiri yg jawab saya sendiri😅😅😅mungkin saja aisi yang ada di toko ori pabrik bukan ori pabrik Polytron.langsung aja telpon temen tanya tempat service center akhir nya ketemu juga sc Polytron dan langsung ke TKP ternyata ada jual aisi nya dengan harga 25ribu rupiah.langsung aja saya beli 2 total 50ribu dan langsung pulang untuk di pasangkan,langsung tes tancap kabel listrik dengan hati deg2kan takut konslet lagi,apa yang terjadi ternyata speakernya udah normal dan keluar suara orang  Dari spekaer yg katanya Bluetooth now,wah udah normal ni.ambil HP hidupkan Bluetooth puter lagu di hp suara langsung menggelegar di speaker lupa tadi mengecilkan volume.tes 3 lagu normal tes 10lagu udah normal semua,wiih udah beres ni langsung aja saya bungkus dan siap untuk di ambil tinggal menunggu user untuk mendapatkan gaji he he.
 Ini lah pengalaman saya mengerjakan speaker aktif Bluetooth Polytron pma9502,semoga menjadi contoh untuk teman semuanya agar membeli yang asli jangan yang palsy.terima kasih semuanya selamat siang assalamualikum wr.wb


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Praktis Servis Kipas Angin Mati Rusak Fuse

 Assalamualaikum wr.wb Salam sejahtera bagi semuanya,kali ini saya akan membagikan trik cara cepat servis kipas angin mati dengan kerusakan fuse.tetapi ada juga kipas angin yang tidak menggunakan fuse,seperti kipas angin yang murah.kipas angin murah ada juga yang menggunakan fuse tergantung dari pabrikannya.disini saya membahas yang masih menggunakan fuse,seperti kipas angin cosmos,maspion dan Miyako.untuk kipas angin regency mungkin agak beda jalur fusenya.untuk pembahasannya saya menggunakan kipas angin cosmos,dengan cara atau trik saya ini sangat mudah sekali dan tidak perlu kita menggunakan avo meter(multitester).kita hanya membutuhkan keberanian sedikit untuk memperbaikinya.lalu gimana caranya,sebelum pembahasan kita juga harus mengetahui rusaknya kipas angin cosmo seperti apa,misalkan tidak hidup,tidak hidup tetapi masih kedengeran dengung atau masih terasa getaran pada belakang penutup dinamo.jika masih terasa atau masih terdengar dengung itu bukan kerusakan pada fuse bisa j

Cara Merubah Aki 12volt Jadi 18volt Ct Dan 220volt Ac

Assalamualaikum,selamat siang para sahabat semuanya,baik lah kali ini sya juga ingin berbagi ilmu cara merubah aki 12volt menjadi 18 volt CT.sebelum saya berbagi cara membuat rangkaian komponen elektronika ini,saya akan menjelaskan fungsi dari alat ini yaitu menaikkan tegangan DC AKI 12Volt menjadi 18volt dan bisa 24volt CT,bahkan bisa juga menghidupkan lampu LHE 18WATT ,bisa dikatakan menjadi 220volt AC 20watt.rangkaian elektronika ini mudah di dapat di pasaran dan juga mudah untuk di buat,dan juga biaya nya tidak begitu mahal.kalau saya pribadi kegunaan dari rangkaian ini hanya untuk menghidupkan speaker aktif merek GMC dan merek lainnya yang menggunakan tegangan trafo 18volt ct.tetapi jika sobat tidak mau ribet untuk membuatnya abaikan saja rangkaian ini karena dipasaran sekarang banyak yang menjual inverter dari DC ke AC.rangkaian ini sangat sederhana dan tidak begitu sulit untuk di buat oleh sobat,hanya bermodalkan trafo,transistor dan resistor.bagi para sobat yang terutama