Langsung ke konten utama

Cara Mudah Pasang Bearing Kipas Angin Cosmos Dengan Solder

 Assalamualaikum wr.wb

Salam sejahtera bagi semuanya,kali ini saya akan membagikan ilmu cara memasang Bearing atau Klaher untuk menggantikan boasing kipas angin dengan mudah,kita hanya perlu menggunakan timah dan solder dan di bantu dengan flux stainless/besi.cara ini sangat efektif sekali dan sudah saya uji selama 20jam dan timah solder tidak meleleh selama di putar.di artikel saya sebelumnya saya pernah juga membagikan cara pasang bearing kipas angin,tetapi sangat sulit sekali kita harus menyiapkan bor dan baut kecil,cara itu saya hanya gunakan pada merek2 tertentu seperti dinamo kipas angin yang rumah tutupnya menggunakan babit.kalau artikel saya kali ini hanya bisa untuk rumahnya menggunakan besi tetapi cara ini sangat efektif.oke langsung saja kita bahas cara pemasangannya,pertama yang harus kita siapkan adalah :

1.Flux Stainless

 Yang ini wajib ada karena flux ini fungsinya untuk merekatkan timah solder dengan besi,flux ini biasanya di gunakan untuk menyolder batere atau yang lain.saya membelinya di toko online,sepertu tokopedia,lazada,bukalapak dan shoope,harganya pun bervariasi tapi saya beli seharga 10ribu ditambah ongkir sekitar 35ribu.flux ini bisa kita gunakan sekitar 20kipas angin karena isinya cukup banyak.dab flux ini bisa juga kita gunakan untuk menampal tangki motor atau genset dengan solder.bentuk fluxnya lihat gambar di bawah:


2.bearing 608NIS/NKN

 Untuk bearing saya beli di toko bangunan,di toko online juga banyak yang jual bearing.untuk teknisi kipas angin alangkah baiknya beli online karena lebih murah,karena saya seorang teknisi saya beli banyak dan kirim di toko online.untuk merek bearing yang ukuran 608 sangat banyak sekali,tetapi saya hanya menggunakan merek NiS/NKN karena saya sudah coba sangat cocok sekali merek ini untuk di pasang pada kipas angin untuk menggantikan boasing.untuk gambar lihat di bawah :


3.Solder

 Untuk solder saya mengunakan solder tembak merek dekko.untuk penyolderan harus menggunakan solder agak panas agar timah mudah mencair,karena jika timah solder menggumpal agak sulit mencair kalau soldernya kurang panas.walaupun solder merek lain yang penting solder harus panas.untuk solder yang saya gunakan lihat gambar di bawah:




4.Timah Solder

 Untuk timah solder terserah mau merek apa yang penting timah solder๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š.untuk timah kita hanya memerlukan sekitar 2meter,saya rasa itu sudah cukup.

5.Amplas halus

Amplas halus fungsinya untuk mengamplas rumah atau tutup dinamo yang akan kita solder agar mudah merekat.dan juga untuk mengamplas As kipas angin agar mudah untuk memasukkan bearing.

6.Baut/Mur 12

Untuk baut dan mur mudah untuk kita dapatkan,kalau kipas angin plastik yang berdiri atau kipas angin plastik yang dinding bisa kita ambil bautnya dari batang leher kipas angin karena baut nya pas untuk bearing yang kita pasang.fungsi dari baut ini sangat besar sekali.fungsinya untuk menahan dan juga untuk melihat fokus atau tidaknya bearing yang kita pasang agar tidak mepet besi rotor as tengahnya.lalu kita memfiting bearing dengan solder.

 Jika sudah disiapkan semua bahannya langsung saja kita mulai untuk proses pemasangan.sebelum pemasangan bearing kita buka dulu dinamo lalu kita ambil As nya dan kita coba dulu masukkan as nya dengan bearing yang baru untuk dicoba.jika terasa keras atau sulit untuk memasukkannya kita harus mengamplas As kipas angin agar mudah memasukkan bearing.jangan kita paksa bearing untuk memasukkan As karena akan sulit untuk di buka.amplas As kipas angin sampai bearing benar2 masuk dengan mudah,karena cara ini sangat penting sekali.jika sudah selesai baru lah ambil boasing lama pada kipas angin dan singkirkan untuk memasukkan bearing yang baru untuk di solder,sebelum di solder masukkan bearing beserta baut 12 tadi yang sudah disiapkan.dan cara yang kedua ini yang harus benar2 ekstra hati2 dan harus pas dan fokus pemasangan bearing,untuk melihat fokus atau tidaknya bisa kita lihat dari batang baut 12.fokus atau tidaknya tergantung filing/insting kita sendiri dengan melihat batang baut 12 tadi.jika sudah terasa pas langsung pasang mur dan kunci tetapi tidak usah terlalu kencang.jika sudah teteskan flux dan sudah siap untuk di solder.untuk yang satunya sama cara pengerjaannya seperti tadi.jika sudah selesai langsung coba di masukkan As nya,kalau cincin2 As kipas angin terasa kurang atau lebih bisa di tambah atau di kurangkan.jika sudah berhasil maka kipas angin tidak mudah macet lagi yang dikarenakan debu yang menempel pada boasing.hanya ini yang dapat saya bagikan semoga bermanfaat bagi semua.untuk lebih jelas cara pemasangannya lihat video di bawah ini



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Merubah Aki 12volt Jadi 18volt Ct Dan 220volt Ac

Assalamualaikum,selamat siang para sahabat semuanya,baik lah kali ini sya juga ingin berbagi ilmu cara merubah aki 12volt menjadi 18 volt CT.sebelum saya berbagi cara membuat rangkaian komponen elektronika ini,saya akan menjelaskan fungsi dari alat ini yaitu menaikkan tegangan DC AKI 12Volt menjadi 18volt dan bisa 24volt CT,bahkan bisa juga menghidupkan lampu LHE 18WATT ,bisa dikatakan menjadi 220volt AC 20watt.rangkaian elektronika ini mudah di dapat di pasaran dan juga mudah untuk di buat,dan juga biaya nya tidak begitu mahal.kalau saya pribadi kegunaan dari rangkaian ini hanya untuk menghidupkan speaker aktif merek GMC dan merek lainnya yang menggunakan tegangan trafo 18volt ct.tetapi jika sobat tidak mau ribet untuk membuatnya abaikan saja rangkaian ini karena dipasaran sekarang banyak yang menjual inverter dari DC ke AC.rangkaian ini sangat sederhana dan tidak begitu sulit untuk di buat oleh sobat,hanya bermodalkan trafo,transistor dan resistor.bagi para sobat yang terutama

Cara Praktis Servis Kipas Angin Mati Rusak Fuse

 Assalamualaikum wr.wb Salam sejahtera bagi semuanya,kali ini saya akan membagikan trik cara cepat servis kipas angin mati dengan kerusakan fuse.tetapi ada juga kipas angin yang tidak menggunakan fuse,seperti kipas angin yang murah.kipas angin murah ada juga yang menggunakan fuse tergantung dari pabrikannya.disini saya membahas yang masih menggunakan fuse,seperti kipas angin cosmos,maspion dan Miyako.untuk kipas angin regency mungkin agak beda jalur fusenya.untuk pembahasannya saya menggunakan kipas angin cosmos,dengan cara atau trik saya ini sangat mudah sekali dan tidak perlu kita menggunakan avo meter(multitester).kita hanya membutuhkan keberanian sedikit untuk memperbaikinya.lalu gimana caranya,sebelum pembahasan kita juga harus mengetahui rusaknya kipas angin cosmo seperti apa,misalkan tidak hidup,tidak hidup tetapi masih kedengeran dengung atau masih terasa getaran pada belakang penutup dinamo.jika masih terasa atau masih terdengar dengung itu bukan kerusakan pada fuse bisa j

Cara Servis Speaker Bluetoth Polytron PMA9502 Bunyi Dug2

 Assalamualikum,selamat siang semuanya Kali ini saya ingin berbagi ilmu masalah atau kerusakan speaker Bluetooth merek Polytron type pma9502 yang kerusakannya tidak bersuara atau hanya berbunyi dug-dug. Singkat cerita datang user bawa speaker bluetoth merek Polytron dan mengatakan bahwa speakernya tidak bunyi yang ada hanya bunyi dug2 dan seirama lampu depan panel ikut bergerak juga mengikuti suara dug2.lalu saya lihat speaker seperti masih baru dan masih bersih seperti Baru keluar dari dusnya,dan saya cek ternyata benar hanya bunyi dug2. Lalu saya tanya ini baru beli atau udah lama,tapi kok masih bersih,dia bilang baru pakai 1bulan tapi udah rusak,lah kalau ini saya bilang masih ada garansi,mending bawa ketempat service center polytron atau tanya garansi di toko sewaktu beli speaker harusnya ada garansi,kata user udah di tanya di toko katanya tidak Ada garansi,waduh parah juga ni toko tidak mau mengurus garansi speaker Bluetooth polytron.apa daya garansi tidak ada terpaksa ju